Jangan bersedih kawan

Oleh rio aji sutrisno

Kita mungkin mengalami banyak masalah dalam hidup ini mulai dari masalah dengan teman, masalah dengan keluarga maupun masalah dengan orang yang kita tidak kenal. Terkadang kita merasa jengkel, bersalah, maupun dendam. Tetapi itu semua merupakan masalah yang biasa dalam hidup ini dan kita harus bisa mengatasinya. Dan berikut ini beberapa cara yang bisa kita pakai untuk menyelesaikan beberapa masalah tersebut.

Masalah dengan teman
Berbohong
“Saya seorang yang tidak jujur terhadap teman dan saya terus menutupi kebohongan itu. Suatu ketika teman saya mulai mengetahui kebohongan saya dan sayapun dalam dilema, apakah saya harus berbohong kepada teman saya atau saya harus memberitahu hal yang sebenarnya kepada teman saya “dan apa yang harus saya lakukan??”.
Berbohong memang bagaikan domino karena apabila kita ingin menutupi kebohongan pasti dengan kebohongan lain yang justru membuat anda semakin berat untuk jujur. Maka dari itu apabila anda mengalami hal tersebut anda harus berani untuk jujur, walaupun jujur itu terkadang pahit tetapi dengan jujur anda tidak akan melukai lebih dalam perasaan teman anda. Dalam hal ini mungkin hasilnya akan beragam mungkin teman anda memaafkan tetapi mungkin juga tidak, akan tetapi itu merupakan resiko anda ketika berbohong. Tetapi ingat teman sejati adalah teman yang mengerti kita dan mau memaafkan kita disaat kita salah jadi dengan beberapa pendekatan pasti kita akan dimaafkan.
^,^
@,@< tapi jangn kebanyakan boong ya,,>

Tidak setuju dengan sikap atau pendapat kawan
Di dalam pertemanan kita pasti pernah dihadapkan pada perbedaan pendapat dengan teman kita mungkin kita pada awalnya setuju saja, tetapi semakin lama kita merasa teman kita itu salah dan kita ingin mengeluarkan pendapat kita. “Tetapi apakah itu tidak membuat teman saya marah dan apakah saya harus terang-terangan di depan teman yang lain membantahnya??”
Perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar dan itu merupakan sebuah karunia yang tel;ah diberikan oleh tuhan dimana kita berbeda. Dan kita harus ingat salah satu fungsi teman adalah saling mengingatkan. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kita boleh saja memberikan pendapat kita tetapi harus dengan cara yang benar dan di waktu yang benar. Kita sebaiknya memberi tahu saat tidak ada orang lain selain teman kita tersebut dan kit bicara dengan sopan tentang pendapat kita dan jelaskan dengan baik pendapat kita , kita juga harus mendengarkan pendapat dari teman kita tersebut karena belum tentu pendapat kita benar. Dan kita rundingkan dengan baik agar tidak ada perselisihan.
^,^< perbedaan itu merupakan karunia yang sangat indah>
@,@< jangn pernah memaksakan pendapat kita kepada orang lain walaupun kita anggap itu benar>

Masalah dengan keluarga
Tidak boleh berpacaran
“saya merasa anak paling dikekang di dunia ini dimana semua remaja seusia saya telah memiliki pacar tetapi saya masih saja tidak diperbolehkan berpacaran oleh orang tua saya.menurut saya orang tua saya sangat kolot dan ketinggalan jaman. Tapi mau apalagi? Apa saya harus kabur dari rumah? Atau berbohong dengan orangtua saya??”
Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami hal seperti ini kita menganggap orang tua kita itu salah, tetapi jangan terlalu cepat menyimpulkan hal seperti itu. Semua pasti mengetahui bahwa setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya jadi kita harus positive thinking. Kita sebaiknya rundingkan terlebih dahulu kepada orang tua kita bahwa kita bisa berpacaran dengan sehat seperti lebih ke bersilaturahmi ke rumah ataupun apabila pergi ketempat lainpun jangan hanya berdua bisa dengan teman ataupun sodara kita. “ahh itu mah ngak asik buat apa pacaran??” hey inget tujuan kalian pacaran apa?? Cinta apa nafsu?? Kalau nafsu ya sudahlah,, hhe. Tapi apabila orang tua belum setuju ada baiknya kita turuti karena lebih banyak fungsi sahabat daripada berpacaran. Dan katakan “Im singe and very happy”
^,^ < kalau mau berpacaran yang sehat ya,,>
@,@

Tidak boleh berpergian malam atau ke luar kota
“saya sebenarnya sangat ingin pergi bersama teman-teman ke luar kota atau jalan-jalan malam tetapi semua hanya impian karena orang tua saya tidak pernah mengizinkan saya, saya sangat sedih dimana teman saya bisa berpergian dan orangtua mereka mengizinkan tetapi saya hanya dapat mendengar cerita seru mereka saat disekolah. Semakin lama saya sangat sedih dan ingin rasanya menentang orangtua saya”

bersambung,, lagi siap2 tugas akhir,,hha

Komentar