Minggu, 27 Februari 2011

macam macam vitamin dan fungsinya

VITAMIN
Vitamin merupakan suatu zat gizi yang diperlukan dalam jumlah kecil dan harus didapat dari luar tubuh.Vitamin yang dibutuhkan manusia sangat sedikit tetapi,jika kekurangan vitamin dapat mengakibatkan gangguan yang luar biasa pada tubuh.Tubuh tidak dapat membuat vitamin sendiri sehingga harus didatangkan dari luar tubuh.
Vitamin dibagi menjadi golongan yaitu:
 Vitamin yang larut dalam air terdiri dari vitamin B kompleks dan vitamin C
 Vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin A,D,E dan K
Vitamin yang larut dalam air dapat disimpan dalam tubuh sehingga kelebihannya dapat dibuang melalui air seni,sedangkan vitamin yang larut dalam lemak dapat disimpan di dalam hati jika ada kelebihan
Fungsi vitamin:
 Memajukan pertumbuhan badan
 Memajukan kesanggupan berkembang biak
 Memelihara kesehatan dan kegiatan tubuh dengan memajukan :
• Fungsi normal pada saluran pencernaan
• Gizi normal khususnya penggunaan unsur-unsur mineral dan oksidasi karbohidrat.
• Kestabilan syaraf.
• Kesehatan jaringan dan pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri.
Berikut ini uraian mengenai masing-masing Vitamin adalah sebagai berikut:

A.Vitamin yang larut dalam lemak
1.Vitamin A
Dr.Clifford Anderson berpendapat bahwa Vitamin A merupakan Vitamin kecantikan, maksudnya adalah dengan mengkonsumsi vitamin A dapat menghaluskan dan melicinkan kulit.

Fungsi vitamin A adalah:
 Membantu proses penglihatan
 Membantu proses pertumbuhan badan
 Membentuk kesehatan gigi

Kekurangan Vitamin A (Defisiensi Vitamin A ) dapat berakibat :
 Menyebabkan selaput lendir mata kering dan berlipat (Xeropthalmia) yaitu luka korne mata yang akan berakibat kebutaan.
 Kulit tebal dan kasar.
 Infeksi bagian tubuh.

Sumber Vitamin A terdiri dari :
 Hati,Lemak Mentega,Kuning Telur.
 Sayuran berwarna Hijau dan berkulit tipis, Misalnya banyam , Lobak, Daun Singkong dan Sebagainya .
 Buah bisa berupa Semangka ,Pepaya , Kesemek , Mangga ,dan Tomat .

Kebutuhan Vitamin untuk manusia :
 Anak –Anak sampai 12 tahun
 Remaja putri dan remaja putra.
 Pria dan Wanita Dewasa.
 Wanita hamil dan menyusui.
2. Vitamin D (Kalsiferol)
Fungsi Vitamin D untuk pemberian garam Ca dan P dalam tubuh untuk pengerasan tulang .
Defisiensi (Kekurangan) Vitamin D dapat mengakibatkan rachities (Tulang Lunak , mudah berubah bentuk apapun
Adapun sumber Vitamin D yaitu :
 Hewani : Kuning Telur, minyak ikan , susu .
 Nabati : Kubis , Wortel , Minyak Jagung .

3. Vitamin E (Tokoferol) .
Fungsi vitamin E yaitu :
 Mempengaruhi fungsi otot Jantung .
 Vitamin E juga menjaga Vitamin A : adanya vitamin E (anti oksida) persediaan vitamin A dipertahankan lebih lama .

Sumber Vitamin E terdiri dari :
 Hewani : Daging domba , Ayam , sapi .
 Nabati : Jagung , Kedelai , Kacang , Nasi merah, Kacang polong , ubi jalar.

Kecukupan vitamin E adalah:
 Untuk nwanita sebesar 1000 IU

4.Vitamin K (Menadione)
Vitamin K memiliki fungsi sebagai zat pembeku darah.
Adapun sumber vitamin K adalah:
 Nabati : Kol,kembang kol,selada,bayam,kacang kedelai
 Hewani : Kuning telur,hati

Definisi (kekurangan) vitamin K akan menyebabkan pendarahan terus menerus dan anemia hebat.



B.Vitamin yang larut dalam air
1.Vitamin B kompleks
Vitamin yang larut dalam tubuh memiliki fungsi yang penting dalam tubuh manusia.Antara lain:
 Vitamin B1 (thiamin)
Dengan adanya vitamin thiamin (vitamin B1) proses pemudahan oksigen kedalam jaringan dapat dilaksanakan sehingga sel-sel memperoleh tenaganya untuk menjalankan fungsinya
Fungsi vitamin B1 adalah:
 Sebagai penambah nafsu makan
 Mengatur air dalam jaringan tubuh
 Memperbaiki fungsi saluran pencernaan
 Memiliki pengaruh tidak langsung untuk pertumbuhan
Kekurangan (defisiensi) vitamin B1 yaltu:
 Penurunan kegiatan syaraf
Posting Komentar