Kamis, 16 Desember 2010

pedoman membuat skripsi

a
HALAMAN PENGESAHAN


Disertasi ini diajukan oleh :
Nama :
NPM :
Program Studi :
Judul Disertasi :

Telah berhasil dipertahankan di hadapan Dewan Penguji dan diterima sebagai
bagian persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh gelar Doktor pada
Program Studi ........................................................................................, Fakultas
........................................, Universitas Indonesia.

DEWAN PENGUJI

Promotor : ............................... ( ……..tanda tangan……….)
Kopromotor : ............................... (……...tanda tangan……….)
: ............................... (………tanda tangan………)
Tim Penguji : ............................... (Ketua) (….tanda tangan ……)
: ............................... (Anggota) (.....tanda tangan ........)
: ............................... (Anggota) (......tanda tangan.......)
: ............................... (Anggota) (.......tanda tangan ......)

Ditetapkan di : ..........................
Tanggal : ..........................



 Lampiran 5: Contoh Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih

KATA PENGANTAR/UCAPAN TERIMA KASIH


Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan
rahmat-Nya, saya dapat menyelesaikan skripsi ini. Penulisan skripsi ini dilakukan
dalam rangka memenuhi salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Ekonomi
Jurusan Manajemen pada Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Saya menyadari
bahwa, tanpa bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, dari masa perkuliahan
sampai pada penyusunan skripsi ini, sangatlah sulit bagi saya untuk menyelesaikan
skripsi ini. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada:

(1) Drs. A, selaku dosen pembimbing yang telah menyediakan waktu, tenaga,
dan
pikiran untuk mengarahkan saya dalam penyusunan skripsi ini;
(2) pihak X Company yang telah banyak membantu dalam usaha memperoleh data
yang saya perlukan;
(3) orang tua dan keluarga saya yang telah memberikan bantuan dukungan material
dan moral; dan
(4) sahabat yang telah banyak membantu saya dalam menyelesaikan skripsi ini.
Akhir kata, saya berharap Tuhan Yang Maha Esa berkenan membalas segala kebaikan
semua pihak yang telah membantu. Semoga skripsi ini membawa manfaat bagi
pengembangan ilmu.

 Depok, 20 Desember 2006

Penulis


 Lampiran 6: Contoh Halaman Pernyataan Persetujuan
Publikasi Karya Ilmiah untuk Kepentingan Akademis


HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI
TUGAS AKHIR UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS


Sebagai sivitas akademik Universitas Indonesia, saya yang bertanda tangan di bawah
ini:

Nama : …………………………....................................................................
NPM : ……………………………................................................................
Program Studi : .............................................................................................................


Departemen : ............................................................................................................
Fakultas : ..............................................................................................................
Jenis karya : Skripsi/Tesis/Disertasi

demi pengembangan ilmu pengetahuan, menyetujui untuk memberikan kepada
Universitas Indonesia Hak Bebas Royalti Noneksklusif (Non-exclusive Royalty-
Free Right) atas karya ilmiah saya yang berjudul :
………………………......................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

beserta perangkat yang ada (jika diperlukan). Dengan Hak Bebas Royalti
Noneksklusif ini Universitas Indonesia berhak menyimpan, mengalihmedia/formatkan,
mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan
memublikasikan tugas akhir saya selama tetap mencantumkan nama saya sebagai
penulis/pencipta dan sebagai pemilik Hak Cipta.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya.

 Dibuat di : …………………….
Pada tanggal : …………………….
Yang menyatakan

( …………………………………. )


Lampiran 7: Contoh Abstrak

ABSTRAK

Nama :
Program Studi :
Judul :

Tesis ini membahas kemampuan mahasiswa Fakultas Psikologi UI angkatan 2003
dalam mencari dan menggunakan informasi secara efektif dalam konteks active
learning dan self regulated learning selama mereka mengikuti Program Pendidikan
Dasar Pendidikan Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain
deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa perpustakaan perlu dilibatkan dalam
pengembangan kurikulum; materi pendidikan pemakai perpustakaan harus
dikembangkan sesuai dengan komponen-komponen yang ada dalam information
literacy; perpustakaan juga harus menyediakan sarana dan fasilitas yang mendukung
peningkatan literacy mahasiswa.

Kata kunci:
Informasi, information literacy, information skills



ABSTRACT


Name :
Study Program:
Title :

The focus of this study is the freshman student of Faculty of Psychology at University
of Indonesia experience of acquiring, evaluating and using information, when they
enroll in “Program Dasar Pendidikan Tinggi (PDPT)” 2003. The purpose of this
study is to understand how freshman students acquire, evaluate and use information.
Knowing this will allow library to identify changes should be made to improve user
education program at University of Indonesia. This research is qualitative descriptive
interpretive. The data were collected by means of deep interview. The researcher
suggests that library should improve the user education program and provide facilities
which can help students to be information literate.

Key words:
Information literacy, information skills, information



Lampiran 8: Contoh Daftar Isi

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL .......................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN ............................................................................... ii
KATA PENGANTAR……………………………………………………….... iii
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH ……………...... iv
ABSTRAK .………………………………………………………………….... v
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………. vi
DAFTAR GAMBAR …………………………………………………………… .. vii
DAFTAR LAMPIRAN ........................................................................................ ix


1. PENDAHULUAN ………………………………………….. …................... 1


1.1 Latar Belakang ……………………………………………................. 1


1.1.1 Metode Belajar dan Tujuan Pendidikan Tinggi……….............. 1


1.1.2 Program Dasar Pendidikan Tinggi UI ………………….............. 5


1.2 Perumusan Masalah …………………………………………………. 14

1.3 Tujuan Penelitian ……………………………………………………. 15

1.4 Manfaat Penelitian …………………………………………………… 16

1.5 Batasan Penelitian …………………………………………………… 16

1.6 Model Operasioanl Penelitian ……………………………………….. 17

2. TINJAUAN PUSTAKA ……………………………………………….. 18

2.1 Konteks Penelitian ………………………………………………… 18

 2.2 Konsep Information Literacy ……………………………………. 22

 2.3 Information Literacy dalam konteks active learning..……………. 27

2.3.1 Collaborative Learning (CL)……………. …………………… 27

2.3.2 Problem Based Learning (PBL)………………………………… 28

2.3.3 Computer Mediated Learning (CML) ………………………. 30

 2.4. Kompetensi dalam Information Literacy …………………………. 31

2.4.1 Information skills di Pendidikan Tinggi …………………….. 32

2.4.2 Standar Kompetensi Information Literacy…………………… 37

 2.4.2.1 Kemampuan Mengidentifikasi Informasi……………. 41

 2.4.2.2 Kemampuan Mengakses Informasi…………………. 42

3. METODE PENELITIAN …………………………………................. 58


4. PEMBAHASAN....................................................................................... 70


5. KESIMPULAN DAN SARAN ............................................................... 98


DAFTAR REFERENSI .............................................................................. 105



Lampiran 9. Contoh Daftar Gambar

DAFTAR GAMBAR
Gambar 1.1. Model Operasional Penelitian untuk Memahami Information
Literacy Mahasiswa Fakultas Psikologi UI Peserta PDPT 2003…….15
Gambar 2.1. Pendekatan Belajar-Mengajar Student Centered ……………………25
Gambar 3.1. Pendekatan PMK ……………………………………………………28
Gambar 4.1. Information Skills Model ………………………………………….. 33


Lampiran 10 : Penulisan Kutipan

Salah satu bagian penting dalam sebuah proses penelitian adalah studi literatur
(membaca dari berbagai sumber) sesuai dengan topik yang diteliti untuk
menghasilkan ide/analisis baru yang dipresentasikan dalam sebuah hasil penelitian.
Ide atau hasil penelitian orang lain itu harus dituliskan sebagai kutipan. Informasi
lengkap tentang sumber kutipan dituliskan dalam sebuah daftar yang disebut Daftar
Referensi atau Daftar Pustaka. Format penulisan kutipan harus sama dengan format
yang dipakai pada penulisan daftar referensi. Sebagai contoh, jika penulisan kutipan
menggunakan format American Psychological Association (APA), penulisan daftar
referensi juga harus menggunakan format APA.

JENIS KUTIPAN

1. Kutipan tidak langsung
Kutipan tidak langsung adalah ide/konsep orang lain yang dikutip dengan
menggunakan kata-kata penulis/peneliti sendiri.

2. Kutipan langsung
Kutipan langsung adalah ide/konsep orang lain yang disalin sesuai dengan aslinya.

I. Penulisan Kutipan dengan Format American Psychological Association (APA)
1. Penulisan Kutipan Tidak Langsung
Pada format APA, kutipan tidak langsung dituliskan dalam kalimat/teks dengan
mencantumkan nama pengarang dan tahun penerbitan, tanpa menuliskan halaman
karya yang dikutip.

Nama penulis disebutkan dalam kalimat

Jones (1998) compared student performance ...
In 1998, Jones compared student performance ...

Nama penulis tidak disebutkan dalam kalimat

In a recent study of student performance (Jones, 1998), ...

2. Penulisan Kutipan Langsung
Kutipan langsung pada format APA ditulis dengan menyebutkan nama pengarang,
tahun terbit, dan halaman kalimat/teks yang dikutip. Kutipan langsung dibedakan atas
dua jenis, yaitu kutipan langsung pendek dan kutipan langsung panjang.

Kutipan langsung pendek

Kutipan langsung pendek adalah kalimat yang dikutip kurang atau sama dengan 40
kata. Kutipan langsung pendek dituliskan dalam teks dengan memberi tanda petik di
awal dan di akhir kutipan.

Nama penulis tidak disebutkan dalam kalimat

She stated, "Students often had difficulty using APA style," (Jones, 1998, p. 199), but
she did not offer an explanation as to why.


Nama penulis disebutkan dalam kalimat

According to Jones (1998), "Students often had dificulty using APA style, especially
when it was their first time" (p. 199).

Jones (1998) found "students often had difficulty using APA style" (p. 199); what
implications does this have for teachers?

Kutipan langsung panjang

Kutipan langsung panjang adalah kalimat yang dikutip lebih dari 40 kata. Kutipan
langsung panjang ditulis dalam paragraf tersendiri, dengan jarak 5 ketuk/spasi dari
margin kiri, dan tetap dalam jarak 1,5 spasi (seperti teks).

Nama penulis tidak disebutkan dalam kalimat

She stated: Students often had difficulty using APA style,especially when it was their
first time citing sources. This difficulty could be attributed to the fact that many
students failed to purchase a style manual or to ask their teacher for help. (Jones,
1993, p. 199).

Nama penulis disebutkan dalam kalimat

Jones's 1993 study found the following: Students often had difficulty using APA
style, especially when it was their first time citing sources. This difficulty could be
attributed to the fact that many students failed to purchase a style manual or to ask
their teacher for help (p. 199).

CONTOH PENULISAN KUTIPAN
Karya dengan 2 sampai 6 penulis

Nama keluarga/nama belakang penulis disebutkan semua.

Richards, Jones and Moore (1998) maintain that college students who actively
participate in extracurricular activities achieve greater academic excellence because
they learn how to manage their time more effectively.

atau

The authors maintain that college students who actively participate in extracurricular
activities achieve greater academic excellence because they learn how to manage their
time more effectively (Richards, Jones, & Moore, 1998).

Karya lebih dari 6 penulis

Jika karya yang dikutip ditulis lebih dari 6 pengarang, yang ditulis hanya nama
keluarga/belakang penulis pertama, dengan memberi inisial et al.
Massachusetts state and municipal governments have initiated several programs to
improve public safety, including community policing and after school activities
(Smith et a1., 1997).

Lebih dari 1 karya dengan penulis yang sama.

Semua tahun penerbitan publikasi harus disebutkan semua.

Smith (1972) in his study of the effects of alcohol on the ability to drive, Smith (1991)
showed that the reaction times of participating drivers were adversely affected by as
little as a twelve ounces can of beer.


Mengutip dari beberapa karya dari penulis yang berbeda dan tahun penerbitan
dalam 1 kalimat (kutipan diambil dari sumber yang berbeda).

Studies of precautionary saving in response to earnings risk include Cantor (1985),
Skinner (1988), Kimbal (1990a, 1990b) and Caballero (1991), among others...

atau

The hemispheric division of the human brain has been studied from many different
perspectives; however, not all researchers agree on the exact functions of each
hemisphere (Ellison, 1973; Jaynes, 1979; Mick, 1978).

Karya dengan nama belakang penulis sama

Jika mengutip dari karya dengan nama belakang penulis yang sama dengan kutipan
sebelumnya, nama depan penulis perlu dicantumkan pada kutipan berikutnya.

At least 66,665 lions were killed between 1907 and 1978 in Canada and the United
States (Kevin Hansen, 1980).

Jika dalam 1 kutipan

D. M. Smith (1994) and P. W. Smith (1995) both reached the same conclusion about
parenting styles and child development.
Mengutip rumus, hasil penelitian/exact quotation

Harus mencatumkan nomor halaman.

In his study on the effects of alcohol on drivers, Smith (1991, p. 104) stated that
"participants who drank twelve ounces of beer with a 3.5% alcohol content reacted,
on average, 1.2 seconds more slowly to an emergency braking situation than they did
when they had not ingested alcohol."

Mengutip dari kutipan

Jika mengutip dari sumber yang mengutip, nama penulis asli dicantumkan pada
kalimat, dan nama penulis yang mengutip dicantumkan pada akhir kalimat kutipan.
Behavior is affected by situation. As Wallace (1972) postulated in Individual and
Group Behavior, a person who acts a certain way independently may act in an entirely
different manner while the member of a group (Barkin, 1992, p. 478).

Tidak ada nama penulis

Jika tidak ada nama penulis, tuliskan 1 atau 2 kata pertama dari judul buku/halaman
web. Jika mengutip dari buku atau website, judul ditulis dalam cetak miring. Jika
mengutip dari artikel jurnal/majalah/surat kabar, judul ditulis dalam huruf tegak
dengan memberi tanda petik di awal dan akhir kutipan.

Massachusetts state and municipal governments have initiated several programs to
improve public safety, including community policing and after school activities
(Innovations, 1997).

Artikel tanpa nama penulis dan tahun penerbitan

In another study of students and research decisions, it was discovered that students
succeeded with tutoring (“Tutoring and APA,” n.d.).
Catatan: n.d. = no date

Lembaga sebagai penulis

The standard performance measures were used in evaluating the system. (United
States Department of Transportation, Federal Aviation Administration, 1997)


Komunikasi melalui email

This information was verified a few days later (J. S. Phinney, personal
communication, June 5, 1999).
…dapat disimpulkan bahwa jurusan Teknik Mesin kurang diminati oleh siswa
perempuan (wawancara dengan Juliana Anggono, 5 Januari 1999).


Mengutip dari Website

Pada dasarnya mengutip dari website atau sumber elektronik sama dengan mengutip
dari sumber tercetak. Jika mengutip dari website atau media elektronik, yang perlu
dicantumkan adalah nama penulis, tahun penerbitan, nomor halaman (untuk kutipan
langsung) atau jika tidak ada nomor halaman, sebutkan nomor bab (chapter), nomor
gambar, tabel atau paragraf. Alamat website (URL) dan informasi lain dituliskan
pada Daftar Referensi.

(Cheek & Buss, 1981, p. 332)
(Shimamura, 1989, chap. 3)

II. Penulisan Kutipan dengan Format Modern Language Association (MLA)
1. Penulisan Kutipan Tidak Langsung
Pada format MLA, kutipan tidak langsung dituliskan dalam kalimat/teks dengan
mencantumkan nama penulis dan nomor halaman sumbernya.

Nama penulis disebutkan dalam kalimat

Pope was clear to point out that, although many of his ideas were idealistic, Rousseau
held ambivalent feelings toward women (138).

Nama penulis tidak disebutkan dalam kalimat

During World War I, British and American women could, for the first time, earn first-
class pay for first-class work (Gilbert 236-7).

2. Penulisan Kutipan Langsung
Bentuk penulisan sumber pada kutipan langsung sama dengan bentuk penulisan
sumber pada kutipan tidak langsung. Yang membedakan adalah penulisan kalimat
kutipan.

Kutipan langsung pendek

Jika kalimat yang dikutip sama dengan atau kurang dari 3 baris, kutipan ditulis
dengan diawali dan diakhiri dengan tanda petik.

Nama penulis disebutkan dalam kalimat

In fact, Rumelhart (33) suggests that schemata "truly are the building blocks of
cognition".
In fact, Rumelhart suggests that schemata "truly are the building blocks of cognition"
(33).


Nama penulis tidak disebutkan dalam kalimat

Past attempts to deal with organisational conflict problems have led "to the
development of integrative and mixed structures such as committees, task forces and
matrix structures" (Dawson, 97).


Kutipan langsung panjang

Jika mengutip lebih dari 3 baris, kutipan ditulis pada paragraf tersendiri, dengan jarak
1 inci atau kurang lebih 10 ketuk/spasi dari margin kiri, dengan jarak antarbaris 1,5
spasi.

In fact, Rumelhart suggests that: schemata truly are the building blocks of
cognition. They are the fundamental elements upon which all information
processing depends. Schemata are employed in the process of interpreting
sensory data (both linguistic and non linguistic), in retrieving information
from memory, in organizing actions, in determining goals and sub- goals, in
allocating resources, and generally, in guiding the flow of processing in the
system (33-34).

CONTOH PENULISAN KUTIPAN
Lebih dari satu karya dengan pengarang yang sama

Jika mengutip 2 karya atau lebih dengan penulis sama, sebutkan 1 kata dari judul
karya diikuti dengan nomor halaman. Jika karya berupa buku, judul dicetak miring;
jika karya berupa artikel, judul diberi tanda petik.

When calculating the number of homeless animals in the United States, the author
comically stated that "Maybe man would not overrun the planet, but his pet poodles
and Siamese cats might" (Westin, Pethood 6). She then further stated that there are 50
million homeless animals in the country (Westin, "Planning" 10).

Penulis dengan nama belakang sama

Jika mengutip karya dengan nama belakang penulis yang sama dengan kutipan
terdahulu, nama depan penulis perlu dicantumkan pada kutipan berikutnya.

At least 66,665 lions were killed between 1907 and 1978 in Canada and the United
States (Kevin Hansen 58).

Mengutip dari beberapa karya

The dangers of mountain lions to humans have been well documented (Rychnovsky
40; Seidensticker 114; Williams 30).

Karya tanpa nomor halaman

Jika mengutip karya tanpa nomor halaman (biasanya mengutip dari website), nomor
paragraf atau layar dituliskan sebagai pengganti nomor halaman.

……………………. (Smith, para. 4).

Karya dengan dua atau tiga orang penulis

Richards, Jones, and Moore maintain that college students who actively participate in
extracurricular activities achieve greater academic excellence because they learn how
to manage their time more effectively (185).

atau

The authors maintain that college students who actively participate in extracurricular
activities achieve greater academic excellence because they learn how to manage their
time more effectively (Richards, Jones, and Moore 185).

Karya dengan 4 penulis atau lebih

Chazon et al. argued that ethnic groups are culturally based social organizations in
which members have multiple identities (105-6).


atau

The authors argued that ethnic groups are culturally based social organizations in
which members have multiple identities (Chazon et al. 105-6).

Tidak ada nama penulis
Artikel

Jika mengutip dari artikel yang tidak ada nama penulisnya, 1 atau 2 kata pertama
dari judul artikel dituliskan sebagai sumber dengan diberi tanpa kutip di awal dan di
akhir judul.

In California, fish and game officials estimate that since 1972 lion numbers have
increased from 2,400 to at least 6,000 ("Lion" A21).

Buku

Jika mengutip dari buku yang tidak ada nama penulisnya, judul buku dituliskan
sebagai sumber dan ditulis dalam cetak miring.

Already several new security holes have been discovered and outlined in detail
(NewHacker's Guide 18).

Karya yang terdiri dari beberapa volume

Between 1762 and 1796, the economy of imperial Russia experienced profound
changes under Empress Catherine II (Spielvolgel, vol. 3).

Mengutip dari karya berjilid

According to Flint, Japanese women of the Tokugawa period had key roles and
functions in the home (5: 139).

Mengutip dari dua karya yang berbeda

Recent research confirms this effect (Catano 412-13; Mulderig 1198-1234).

Lembaga sebagai penulis

The standard performance measures of the United States Department of
Transportation's Federal Aviation Administration (123-97) were used in evaluating
the system.
The standard performance measures (United States Department of Transportation,
Federal Aviation Administration 123-97) were used in evaluating the system.


Komunikasi pribadi

A. P. French noted that the clarity of Rutherford's prose style is not often imitated in
the writing of most contemporary physicists (personal conversation, 18 April 1994).
Jika ada kata/kalimat yang dihilangkan pada kutipan langsung

Jika dalam kutipan langsung terdapat bagian dari kalimat yang dihilangkan, tempat
bagian yang dihilangkan diberi tanda ellipsis.

In surveying various responses to plagues in the Middle Ages, Barbara W. Tuchman
writes, “Medical thinking … stressed air as the communicator of disease, ignoring
sanitation or visible carriers” (101-02).

Novel

Jika mengutip novel, judulnya disebutkan dalam cetak miring, nama penulis, nomor
halaman juga disebutkan dan diikuti oleh nomor bab.


Fitzgerald's narrator captures Gatsby in a moment of isolation: "A sudden emptiness
seemed to flow now from the windows and the great doors, endowing with complete
isolation the figure of the host" (56: ch. 3).

Drama

Jika mengutip percakapan drama antara 2 pelaku atau lebih, kutipan percakapan
tersebut ditulis dalam paragraf tersendiri, dengan jarak 10 ketuk/spasi dari margin
kiri. Nama pelaku ditulis dengan huruf kapital. Kutipan percakapan oleh pelaku yang
sama pada baris kedua dan seterusnya ditulis dengan jarak 3 ketuk/spasi dari baris
pertama. Pada akhir kutipan ditulis nomor “ act, scene” dan nomor baris dalam
tanda kurung.
Marguerite Duras’s screenplay for Hisroshima mon amour suggests at the outset the
profound difference between observation and experience:
HE. You saw nothing in Hisroshima. Nothing.
SHE. I saw everything. Everything. […] The hospital, for instance, I Saw it. I’m sure
I did. There is a hospital in Hiroshima. How could I Help seeing it? (2505-06)

Puisi

Jika mengutip puisi, yang perlu disebutkan adalah nomor bagian (jika ada),
kemudian nomor baris.

When Homer's Odysseus comes to the hall of Circe, he finds his men "mild / in her
soft spell, fed on her drug of evil" (10.209-11).

Alkitab

Jika mengutip ayat Alkitab, nama kitab dituliskan diikuti oleh pasal dan ayat yang
dikutip.

Consider the words of Solomon: "If your enemy is hungry, give him bread to eat; and
if he is thirsty, give him water to drink" (Prov. 25.21).

Jika diperlukan, versi Alkitab dapat disebutkan.

Consider the words of Solomon: "If your enemy is hungry, give him bread to eat; and
if he is thirsty, give him water to drink" (Prov. 25.21. RSV).

Mengutip dari website atau sumber elektronik

Mengutip dari website sama dengan mengutip dari bahan cetak. Jika sumber memiliki
pengarang dan nomor halaman, sebutkan seperti pada sumber tercetak. Dan jika
tidak ada nomor halaman, sebutkan nomor paragraf atau tampilan ke berapa.

Using historical writings about leprosy as an example, Demaitre argues that "the
difference between curability and treatability is not a modern invention" (29).

Mengutip dari website tanpa penulis

Jika mengutip dari website yang tidak diketahui nama penulisnya, judul lengkap
website dapat ditulis dalam kalimat, atau 1 atau beberapa kata, dari judul awal
website dalam tanda petik di akhir kalimat yang dikutip (seperti mengutip artikel).

According to a Web page sponsored by the Children's Defense Fund, fourteen
American children die from gunfire each day ("Child").


Lampiran 11 : Contoh Penulisan Daftar Referensi

Daftar referensi adalah kumpulan sumber informasi yang digunakan dalam sebuah
penulisan, yang disusun secara alfabetis. Sumber informasi yang dicantumkan dalam
daftar itu adalah yang dikutip dalam uraian/teks dan yang mendukung atau dipakai
sebagai acuan. Informasi tentang sumber yang digunakan harus ditulis secara benar,
lengkap dan konsisten dengan menggunakan format/standar tertentu. Secara umum
format penulisan (citation style) dibedakan atas dua jenis berdasarkan golongan ilmu,
yaitu humanities style dan scientific style. APA merupakan contoh dari scientific style,
dan MLA merupakan contoh dari humanities style.

Ketentuan umum penulisan daftar referensi

a.
Sumber yang dikutip dalam uraian/teks harus ditulis lengkap dalam „Daftar
Referensi“. Sebaliknya, sumber yang terdaftar dalam Daftar Referensi harus
ditulis dalam teks sebagai kutipan.
b.
Nama penulis ditulis nama keluarga/nama belakang terlebih dahulu, kecuali nama
Cina, Jepang, Korea, karena nama keluarga sudah di awal.
Contoh :
Nama : Kwik Kian Gie. Penulisan : Kwik Kian Gie.
Nama : Heribertus Andi Mattalata. Penulisan : Mattalata, Heribertus Andi.
Nama : Joyce Elliot-Spencer. Penulisan : Elliot-Spencer, Joyce.
Nama : Anthony T. Boyle, PhD. Penulisan : Boyle, Anthony T.
Nama : Sir Philip Sidney. Penulisan : Sidney, Philip.
Nama : Arthur George Rust Jr. Penulisan : Rust, Arthur George, Jr.
Nama : John D. Rockfeller IV. Penulisan : Rockfeller, John. D., IV
c. Gelar kebangsawanan, akademik, dan keagamaan tidak perlu ditulis.
d. Jika tidak ada nama penulis, judul karya dituliskan sebagai tema utama.
e. Pada format APA, huruf pertama dari judul karya atau judul tambahan ditulis
dengan huruf kapital. Pada format MLA huruf kapital digunakan pada setiap awal
kata dari judul karya (kecuali kata sandang).
f. Baris kedua setiap sumber ditulis dengan jarak 5 ketuk/spasi dari margin kiri baris
pertama dengan jarak antar baris 1,5 spasi.
g. Daftar diurutkan berdasarkan abjad nama keluarga/nama belakang dengan jarak
1,5 spasi.


FORMAT APA

I. BUKU
Penulis tunggal
Baxter, C. (1997). Race equality in health care and education. Philadelphia: Balliere
Tindall.

Penulis dua atau tiga

Cone, J.D., & Foster, S.L. (1993). Dissertations and theses from start to finish:
Psychology and related fields. Washington, DC: American Psychological
Association.

Tidak ada nama penulis

Merriam-Webster’s collegiate dictionary (10th ed.). (1993). Springfield, MA:
Merriam-Webster.

Bukan edisi pertama

Mitchell, T.R., & Larson, J.R. (1987). People in organizations: An introduction to
organizational behavior (3rd ed.). New York: McGraw-Hill.

Penulis berupa tim atau lembaga

American Psychiatric Association. (1994). Diagnostic and statistical manual of
mental disorders (4th ed.). Washington, DC: Author.

Buku berseri/multi volume (editor sebagai penulis)

Koch, S. (Ed.). (1959-1963). Psychology: A study of science (Vols. 1-6). New York:
McGraw-Hill.

Terjemahan

Kotler, Philip. (1997). Manajemen pemasaran : Analisis, perencanaan, implementasi
(Hendra Teguh & Ronny Antonius Rusli, Penerjemah.). Jakarta: Prenhallindo.

Artikel atau bab dalam buku yang diedit

Eiser, S., Redpath, A., & Rogers, N. (1987). Outcomes of early parenting: Knowns
and unknowns. In A. P. Kern & L. S. Maze (Ed.). Logical thinking in children (pp.
58-87). New York: Springer.

Artikel/istilah dalam buku referensi

Schneider, I. (1989). Bandicoots. In Grzimek’s encyclopedia of mammals (vol.1, pp.
300 304). New York: McGraw-Hill.

Makalah seminar, konferensi, dan sejenisnya.

Crespo, C.J. (1998, March). Update on national data on asthma. Paper presented at
the meeting of the National Asthma Education and Prevention Program, Leesburg,
VA.


II. SERIAL
Artikel Jurnal
Clark, L.A., Kochanska, G., & Ready, R. (2000). Mothers’ personality and its
interaction with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of
Personality and Social Psychology, 79, 274-285.

Artikel Majalah

Greenberg, G. (2001, August 13). As good as dead: Is there really such a thing as
brain death? New Yorker, 36-41.

Artikel surat kabar

Crossette, Barbara. (1990, January 23). India lodges first charges in arms Scandal.
New York Times, A4.

Artikel surat kabar, tanpa penulis

Understanding early years as a prerequisite to development. (1986, May 4). The Wall
Street Journal, p. 8.

Resensi buku dalam jurnal

Grabill, C. M., & Kaslow, N. J. (1999). Anounce of prevention: Improving children's
mental health for the 21st century [Review of the book Handbook of prevention
and treatment with children and adolescents]. Journal of Clinical Child
Psychology, 28, 115 116.

Resensi film dalam jurnal

Lane, A. (2000, December 11). Come fly with me [Review of the motion picture
Crouching tiger, hidden dragon]. The New Yorker, 129-131

III. WAWANCARA
White, Donna. (1992, December 25). Personal interview.

IV. KARYA LAIN DAN KARYA NONCETAK
Acara Televisi
Crystal, L. (Executive Producer). (1993, October 11). The MacNeil/Lehrer news hour.
[Television broadcast]. New York and Washington, DC: Public Broadcasting
Service.

Kaset Video/VCD

National Geographic Society (Producer). (1987). In the shadow of Vesuvius
. [Videotape]. Washington, DC: National Geographic Society.

Kaset Audio

McFerrin, Bobby (Vocalist). (1990). Medicine music [Audio Recording]. Hollywood,
CA: EMI-USA.

Perangkat lunak komputer

Arend, Dominic N. (1993). Choices (Version 4.0) [Computer software]. Champaign,
IL: U.S. Army Corps of Engineers Research Laboratory. (CERL Report No.CH7-
22510)


V. PUBLIKASI ELEKTRONIK
Karya lengkap
McNeese, M.N. (2001). Using technology in educational settings. October 13, 2001.
University of Southern Mississippi, Educational Leadership and Research.
http://www.dept.usm.edu/~eda/

Artikel dari pangkalan data online

Senior, B. (1997, September). Team roles and team performance: Is there really a
link? Journal of Occupational and Organizational Psychology, 70, 241-258. June
6, 2001. ABI/INFORM Global (Proquest) database.

Artikel jurnal di website

Lodewijkx, H. F. M. (2001, May 23). Individual- group continuity in cooperation and
competition undervarying communication conditions. Current Issues in Social
Psychology, 6 (12), 166-182. September 14, 2001. http://www.uiowa.edu/~grpproc/
crisp/crisp.6.12.htm

Dokumen lembaga

NAACP (1999, February 25). NAACP calls for Presidential order to halt police
brutality crisis. June 3, 2001.
http://www.naacp.org/president/releases/police_brutality.htm

Dokumen lembaga, tanpa nomor halaman, tanpa informasi tahun penerbitan

Greater Hattiesburg Civic Awareness Group, Task Force on Sheltered Programs.
(n.d.). Fund-raising efforts. November 10, 2001. http://www.hattiesburgcag.org

Penulis dan informasi waktu penerbitan tidak diketahui

GVU's 8th WWW user survey. (n.d.). September 13, 2001.
http://www.gvu.gatech.edu/user_surveys/survey-1997-10/

Email

Wilson, R.W. (1999, March 24). Pennsylvania reporting data. Child Maltreatment
Research. March 30, 1999. CHILD-MALTREATMENT-R-L@cornell.edu

CD-ROM

Ziegler, H. (1992). Aldehyde. The Software Toolworks multimedia encyclopedia (CD-
ROM version 1.5). Boston: Grolier. Januari 19, 1999. Software Toolworks.

Nickell, Stephen J. (August 1996). Competition and corporate performance. The
Journal of Political Economy, 104(4), 724-747. December 15, 2003. Proquest
Database (CD-ROM).


FORMAT MLA

I. BUKU
Penulis Tunggal
Frye, Northrop. Anatomy of Criticism: Four Essays. Princeton: Princeton UP, 1957.

Buku dengan penulis sama

-------------. The Secular Scripture. Cambridge: Harvard UP, 1976.

Dengan dua atau tiga orang pengarang

Howe, Russell Warren, and Sarah Hays Trott. The Power Peddlers. Garden City:
Doubleday, 1977.

Marquart, James W., Sheldon Ekland Olson, and Jonathan R. Sorensen. The Rope, the
Chair, and the Needle: Capital Punishment in Texas, 1923-1990. Austin: Univ. of
Texas, 1994.

Lebih dari tiga penulis

Edens, Walter, et al., ed. Teaching Shakespeare. Princeton: Princeton UP, 1977.

Tidak ada nama penulis

Merriam-Webster’s collegiate dictionary (10th ed.). Springfield, MA: Merriam-
Webster, 1993.

Editor sebagai penulis

Harari, Josue, ed. Textual Strategies. Ithaca: Cornell UP, 1979.

Penulis dan editor

Malory, Thomas. King Arthur and his Knights. Ed. Eugene Vinaver. London: Oxford
UP, 1956.

Penulis berupa tim atau lembaga

National Institute for Dispute Resolution. Dispute Resolution Resource Directory.
Washington, D.C.: Natl. Inst. for Dispute Res., 1984.

Karya multi jilid/buku berseri

Freedberg, S. J. Andrea del Sarto. 2 jil. Cambridge: Harvard UP, 1963.

Terjemahan

Foucault, Michel. The Archaeology of Knowledge. Trans. A. M. Sheridan Smith.
London: Tavistock Publications, 1972. Trans. of L'Archéologie du savoir, 1969.

Artikel atau bab dalam buku

Magny, Claude-Edmonde. "Faulkner or Theological Inversion." Faulkner: A
Collection of Critical Essays. Ed. Robert Penn Warren. Englewood Cliffs: Prentice-
Hall, 1966. 66-78.


Artikel/istilah dalam buku referensi

Foster, John S., Jr. "Nuclear War." Encyclopedia Americana. Intl. ed. 1998.

“Ginsburg, Ruth Bader.” Who’s Who in America. 52nd ed. 1998.
“Noon.” The Oxford English Dictionary. 2nd ed. 1989.

Brosur, pamflet dan sejenisnya

Jawa Timur. Surabaya: Dinas Pariwisata Jawa Timur, 1999.

Makalah seminar, konferensi dan sejenisnya

Mann, Jill. “Chaucher and the ‘Woman Question.’” This Noble Craft: Proceedings of
the Tenth Research Symposium of the Dutch and Belgian University Teachers of
Old and Middle English and Historical Linguistics, Utrect, 19-10 January 1989.
Ed. Erik Kooper. Amsterdam: Radopi, 1991.173--88.

II. SERIAL
Artikel jurnal
Dabundo, Laura. “The Voice of the Mute: Wordsworth and the Ideology of Romantic
Silences.” Christiantity and Literature 43:1(1995): 21-35.

Artikel majalah

Alpern, David M. “Has Moscow Violated SALT?.” Newsweek 22 Oct. 1984: 32.

Artikel surat kabar

Crossette, Barbara. “India Lodges First Charges in Arms Scandal.” New York Times
23 Jan. 1990, natl. ed.: A4.

Artikel surat kabar tanpa pengarang

“Dubious Venture.” Time 3 Jan. 1994: 64-65.
“Staging your Own Photo Exhibition.” Better Photography July-Sept. 2000: 24-26.


III. WAWANCARA
Poussaint, Alfin F. Telephone interview. 10 Dec. 1990.
Clinton, Bill. Interview with Ted Koppel. Nightline, ABC. WTNH, New Haven. 14
Nov. 1996.


IV. KARYA LAIN DAN KARYA NONCETAK
Film
Lee, Spike, dir. and prod. Do the Right Thing. Forty Acres and a Mule Filmworks,
1989.

Program televisi atau radio

“Voyage to the Galapagos.” Scientific American Frontiers. Host Alan Alda. PBS. 5
Oct. 1999.

Safer, Morley, writ. “Busted by the FBI!” Sixty Minutes. CBS. WFSB, Hartford. 14
Feb. 2000. Transcript.

Schneider, Pamela. Interview. Seniors: What Keeps Us Going. With Linda Storrow.
Natl. Public Radio. WNYC, New York. 11 July 1988.


Pertunjukan (drama, opera, dan sejenisnya).

Hamlet. By William Shakespeare. Dir. John Gielgud. Perf. Richard Burton. Shubert
Theatre, Boston. 4 Mar. 1964.

The River. Chor. Alvin Ailey. Dance Theater of Harlem. New York State Theater,
New York. 15 Mar. 1994.

Lukisan, foto, patung, dan sejenisnya.

Bearden, Romare. The Train. Carole and Alex Rosenberg Collection, New York.
Cassatt, Mary. Mother and Child. Wichita Art Museum. American Painting: 1950-
1913. By John Pearce. New York: McGraw Hill, 1964. Slide 22.

Kartun

Trudeau, Garry. “Donesbury.” Cartoon. Star-Ledger 17 June 1998: 23

Iklan

Air Canada. Advertisement. CNN. 15 May 1998.
The Fitness Fragnance by Ralph Lauren. Advertisement. Cospomolitan Apr.
1997: 111-12.

V. PUBLIKASI ELEKTRONIK
Buku Online
Austen, Jane. Pride and Prejudice. Ed. Henry Churchyard. 1996. 10 Sept. 1998
<http://www.pemberley.com/janeinfo/prideprej.html>.

Hawthorne, Nathaniel. “Dr. Heidegger’s Experiment.” Twice-Told Tales. Ed. George
Parsons Lathrop. Boston: Houghton, 1883. 1 Mar. 1998
<http://eldred.ne.mediaone.net/nh/dhe.html>

Artikel jurnal online

Calabrese, Michael. “Between Despair and Ecstacy: Marco Polo’s Life of the
Buddha.” Exemplaria 9.1 (1997). 22 June 1998
<http://web.english.ufl.edu/english/exemplaria/calax.htm>

Artikel surat kabar/majalah online:

Reid, T.R. “Druids Return to Stonehenge.” Washington Post 22 June 1998. 22 June
1998 <http://www.washintonpost.com/wp-srv/Wplate/1998-06/22/ 045I-062298-
idx.html>.

Artikel dalam pangkalan data online

Smith, Martin. "World Domination for Dummies." Journal of Despotry Feb. 2000:
66-72. Expanded Academic ASAP. Gale Group Databases. Purdue University
Libraries, West Lafayette, IN. 19 February 2003.
<http://www.infotrac.galegroup.com>.

Fox, Justin. “What in the World Happened to Economics?” Fortune 15 Mar. 1999:
90-102. ABI/INFORM Global. Proquest Direct. Perpustakaan Universitas
Indonesia, Depok. 23 January 2004. <http://www.proquest.com/pqdauto>.


Artikel di website

“Using Modern Language Association (MLA) Format.” Purdue Online Writing Lab.
2003. Purdue University. 6 Feb. 2003.
<http://owl.english.purdue. edu/handouts/research/r_mla.html>.

Publikasi lembaga

United States. Dept. of Justice. Natl. Inst. Of Justice. Prosecuting Gangs: A National
Assessment. By Claire Johnson, Barbara Webster, and Edward Connors. Feb 1996.
29 June 1998 <http://www.ncjrs.org/txtfiles/pgang.txt>.

Artikel/istilah dalam koleksi referensi online

“Fresco.” Britannica Online. Vers. 97.1.1. Mar. 1997. Encyclopedia Britannica. 29
Mar. 1997 <http://www.eb.com:180>.

E-mail

Kleppinger, Eugene. "How to Cite Information from the Web". E-mail to Andrew
Harnack. 10 Jan. 1999.

Forum diskusi di web

Marcy, Bob. "Think They'll Find Any Evidence of Mallory & Irvine?" Online
posting. 30 Apr. 1999. Mt. Everest >99 Forum. 28 May 1999.
<http://everest.mountainzone.com/99/forum>.

Diskusi di listserve/newsgroup

Holland, Norman. "Re: Colorless Green Ideas". Online posting. 30 May 1999.
Psyart. 1 June 1999 <http://web.clas.ufl.edu/ipsa/ psyart.htm>.
Parente, Victor. "On Expectations of Class Participation". Online posting 27 May


 1996. 29 May 1996 <philosed@sued.syr.edu>.

Telnet, FTP, dan gopher

Sowers, Henry, Miram Fields, and Jane Gurney. Online collaborative conference. 29
May 1999. Lingua MOO. 29 May 1999. <telnet://lingua.utdallas.edu:8888>.

Mathews, J. Preface. Numerical Methods for Mathematics, Science, and Engineering.
2nd ed. N.p.: Prentice Hall, 1992. 8 June 1999.
<ftp://ftp.ntua.gr/pub/netlib/textbook/index.html>.

Artikel/data dalam CD-ROM

“U.S. Population by Age: Urban and Urbanized Areas.” 1990 U.S. Census of
Population and Housing. CD-ROM. US Bureau of the Census. 1990.

Artikel jurnal dalam CD-ROM database

Angier, Natalie “Chemists Learn Why Vegetables are Good for You.” New York
Times 13 Apr. 1993, late ed.: C1. New York Times On disc. CD-ROM.
UMIProquest. Oct. 1993.

Artikel/istilah dalam koleksi referensi berbentuk CD-ROM

“Albratoss.” The Oxford English Dictionary. 2nd ed. CD-ROM. Oxford: Oxford UP,
1992.


Lampiran 12. Prosedur Pengumpulan Tugas Akhir

PROSEDUR PENGUMPULAN TUGAS AKHIR


I. Prosedur Umum
Lulusan Universitas Indonesia wajib :

1.
Menyerahkan tugas akhirnya, dalam bentuk cetakan dan rekaman dalam CDROM,
kepada UI melalui bagian pengadaan koleksi di Perpustakaan Universitas
atau Perpustakaan Fakultas/Program Pascasarjana masing-masing.
2.
Mengikuti aturan penulisan yang ditetapkan melalui SK Rektor UI Nomor:
628/SK/R/UI/2008 tanggal 16 Juni 2008
3.
Menyerahkan seluruh isi tulisan, termasuk lampiran, yang menjadi bagian dari
karya yang akan diserahkan.
4.
Mengisi formulir “Bukti Penyerahan Tugas Akhir” yang disediakan Perpustakaan
Perpustakaan UI/Fakultas/Program Pascasarjana UI/(dibuat rangkap)
II. Cara Penyerahan Tugas Akhir
A. Sistem PEMINDAIAN (SCANNING)

Mahasiswa menyerahkan 1 (satu) eksemplar tugas akhir tercetak yang sudah
dijilid dan 1 (satu) eksemplar loose-copy tidak dijilid, hanya dijepit. Keduanya
harus asli.

Warna sampul Tugas Akhir yang telah dijilid ditentukan sebagai berikut.
a.
Skripsi: putih
b.
Tesis: cokelat
c.
Disertasi: cokelat

Pada Lembar ”Pengesahan Tugas Akhir” baik hardcopy maupun loose-copy
harus ada tanda tangan asli dari dosen pembimbing dan dosen penguji.

Melampirkan ”Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir untuk
Kepentingan Akademis” dengan tanda tangan asli penulis (bukan fotokopi).
B. Sistem KONVERSI

Menyerahkan 1 (satu) eksemplar hardcopy (harus asli) dijilid.

Pada Lembar ”Pengesahan Tugas Akhir” hardcopy harus ada tanda tangan asli
dari dosen pembimbing dan dosen penguji (bukan fotokopi).

Melampirkan ”Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah
untuk Kepentingan Akademis” dengan tanda tangan asli penulis (bukan
fotokopi)

Menyerahkan satu (1) softcopy dalam media CD ROM dalam Portable Document
Format (.pdf) yang disertai satu (1) lembar lepas “Lembar Pernyataan
Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah untuk Kepentingan Akademis” berisi
tanda tangan asli penulis (bukan fotokopi), dan satu (1) lembar lepas “Lembar
Pengesahan” yang berisi tanda tangan asli dari dosen pembimbing dan dosen
penguji.

CATATAN :

Bagi Program Studi yang tugas akhir mahasiswanya menghasilkan blue print berlaku
ketentuan sebagai berikut.


Tugas akhir tercetak tidak perlu diberi lampiran blue print yang diperkecil.

Blue print dijilid terpisah dengan ukuran kertas A3.

Halaman Sampul pada jilid dan blue print diberi informasi sesuai dengan halaman
sampul tugas akhir.

Mahasiswa yang memilih pengumpulan sistem pemindaian membayar biaya
pemindaian sebesar Rp.50.000,00 dan dilakukan di Perpustakaan Universitas
Indonesia.
III. Format Penyusunan tugas akhir dalam CD ROM
A. FISIK
Informasi yang dicantumkan pada kepingan CD dengan urutan sebagai berikut.


(Judul)

(Nama dan NPM/NIP)

(Kalimat )“Dengan ini menyatakan bahwa isi TA CD-ROM
sama dengan hardcopy”

Tanda tangan asli Dosen Pembimbing I dan II

Informasi di atas ditik, bukan ditulis tangan, kecuali tanda tangan

Kepingan CD dimasukkan dalam CD case yang terbuat dari mika (transparan),
bukan dari plastik.

Penomoran halaman pada file elektronik harus sama dengan penomoran halaman
pada hardcopy.
B. NONFISIK
CD ROM dibagi dalam beberapa folder/file


Folder TUGAS AKHIR berisi semua file isi tugas akhir.

Folder GAMBAR berisi semua file gambar asli yang digunakan di dalam naskah
tugas akhir.

Folder MULTIMEDIA berisi semua file multimedia penyerta (gambar, animasi,
audio, video, dll.) yang tidak digunakan/berada di dalam naskah tugas akhir
(Format file yang disimpan dalam folder GAMBAR dan MULTIMEDIA akan
diatur dalam peraturan tersendiri).
IV. Waktu Berlakunya Peraturan
Peraturan ini berlaku mulai semester Genap 2007/2008 hingga dikeluarkan peraturan
yang baru.

FOLDER TUGAS AKHIR

• Semua dokumen ditik dalam Microsoft Word
• Gambar, foto, grafik disisipkan sebagai image dalam dokumen MS Word baik dalam
bahasan maupun dalam lampiran.

Satu folder berisi satu file utuh tugas akhir (bentuk file pdf)
• Satu folder berisi file tugas akhir yang dipecah dengan penamaan file sebagai
berikut :
a) Awal.doc berisi: Halaman Judul; Lembar Pengesahan; Kata Pengantar; Lembar
Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah untuk Kepentingan Akademis,


Daftar isi; Daftar Tabel; Daftar Gambar; Daftar Rumus; Daftar Lainnya; Daftar
Lampiran (semua berada dalam satu file dengan nama Awal.doc)
b) Abstract.doc berisi: Abstrak Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (semua berada
dalam satu file dengan nama Abstract.doc)

c)
Chapter1.doc berisi Bab 1
Chapter2.doc berisi Bab 2
Chapter3.doc berisi Bab 3
Chapter4.doc berisi Bab 4 dan seterusnya sesuai dengan jumlah bab

d) Conclusion.doc berisi Bab Kesimpulan
e) References.doc berisi Daftar Referensi
f) Appendices.doc berisi Lampiran


Setiap halaman tugas akhir mulai Abstrak sampai dengan Daftar Referensi harus
diberi “auto text” pada footer dengan tulisan Universitas Indonesia (Arial 10 poin
cetak tebal), ditulis dengan posisi rata kanan (align right).

Semua file MS Word (.doc) harus dikonversikan menjadi Portable Document
Format (.pdf) (Lihat lampiran 2)

Langkah konversi Microsoft Word (.doc) ke Portable Document Format (.pdf)

1.
Pastikan komputer yang Anda gunakan terinstall Adobe Acrobat 4.0 atau 5.0
(bukan Acrobat Reader)
2.
Bukalah dokumen Anda menggunakan program Microsoft Word
3.
Klik menu File dan pilihlah Print
4.
Di monitor Anda akan tampil window Print dan pilihlah Acrobat PDFWriter
5.
Klik Properties, di bagian tab menu Page Setup, pastikan:

di bagian Page Size, pilih Standard : (A4);

di bagian Orientation, pilih sesuai dengan dokumen Anda;

di bagian Graphic, pilih Resolution : SCREEN dan Scalling : 100%;

abaikan tab menu Compression Options, Tipe Embedding, About.
6.
Klik tombol OK
7.
Klik OK sekali lagi.
8.
Silakan memberi nama file sesuai dengan lampiran 12 tentang Folder Tugas
Akhir dan klik Save.
9.
Silakan menunggu proses konversi yang sedang berjalan.
10. File baru yang dihasilkan akan sesuai dengan nama yang Anda berikan di langkah
no 8.
11. Silakan cek hasil akhir dengan double click di nama file Anda.
Poskan Komentar