MENGAPA HARUS MEMBAYAR PAJAK ??


Mengapa harus membayar pajak?

“Pajak” sebuah kata yang mungkin saat ini masih ditakuti oleh sebagian orang karena pajak bisa mengurangi pendapatan anda. Dan mungkin anda akan bertanya “apa guna pajak?” lalu bicara “tanpa pajak justru akan lebih baik karena pendapatan kita tidak akan berkurang!”. Akan tetapi pendapat itu tidak benar.
Prof. Dr. Rochmat Soemitro, SH, seorang Guru Besar di Universitas Padjadjaran, merumuskan pajak sebagai berikut :
Pajak adalah iuran rakyat kepada Kas Negara (peralihan kekayaan dari sektor partikulir ke sektor Pemerintah) berdasarkan undang-undang (yang dapat dipaksakan) dengan tiada mendapat jasa timbal (kontraprestasi) yang langsung dapat ditunjukkan dan digunakan untuk membiayai pengeluaran umum. Tentunya apabila suatu pajak tanpa adanya undang-undang merupakan suatu perampokan. Akan tetapi pajak bukan semata-mata keputusan yang digunakan untuk menimbun harta sang penguasa. Ketika membayar pajak memang kita tidak mendapat timbal balik secara langsung yang sesuai dengan apa yang kita bayarkan akan tetapi akan digunakan untuk kepentingan umum yang tentunya dapat di nikmati oleh masyarakat secara umum tanpa membeda-bedakan berapa pajak yang telah ia bayarkan.dan hal ini membuktikan bahwa pajak ini sangat penting bagi masyarakat secara umum selain itu pajak juga menunjukan bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama atas fasilitas umum walaupun pembayaran pajaknya berbeda sehingga tidak menimbulkan ketimpangan sosial.
JADI MASIH MALAS BAYAR PAJAK??

Komentar

DWI mengatakan…
males soalnya belom punya peng hasilan hhe,,
anak ui mengatakan…
kalo punya juga masih males,,
bacaonlines mengatakan…
@dwi
iya lah,, tp kalo sudah jadi Wajib Pajak bayar pajak nya jgn males lg,, ^_^
bacaonlines mengatakan…
@anak ui
jangan males dong,,
masa cuek buat pembagunan negara,,
kan nanti yg ngerasain kamu juga,,
kalo boleh tw namanya siapa nih??
meka mengatakan…
gimana ga males? korupsiny masih ada?? males kan gara2 ga percaya sama pemerintah??
bacaonlines mengatakan…
@meka
memang korupsi masih ada, memang banyak yang belum percaya dengan pemerintah tetapi kamu masih cinta kan dengan negeri ini??
kalau bayar pajak saja tidak mau bagaimana bisa berlangsung pembangunan di negeri ini??
pajak adalah sumber penerimaan utama di Indonesia kalau dana pajak menghilang maka banyak sektor yang akan terganggu termasuk dunia pendidikan dan ekonomi,,
jadi kita tetap harus membayar pajak akan tetapi teruskan perjuangan malawan KKN,,!!
meka mengatakan…
ya kalo uda bayar tapi ditilep mah sama aja ga memajukan negara. mending cari cara lain buat majuin negara :p
bacaonlines mengatakan…
@meka
terimakasih meka,,
memang pikiran sebagian orang seperti itu akan tetapi ini semua merupakan ulah sebagian "oknum" yang menyipang, yang seharusnya harus dibersihkan dari semua lini.
akan tetapi apabila anda ingin membunuh rayap jangan rubuhkan rumah tersebut, maksud saya lakukanlah hal yang menjadi inti dari semua ini yakni membasmi oknum yang menyimpang ini jangan dengan memboikot pajak..
lagipula hampir semua negara di dunia pemasukan utamanya berasal dari pajak dan mencari alternatif lain itu tidak semudah berbicara,,
Anonim mengatakan…
kalo pembasmi nya yang dibasmi gimana? :D hehe
bacaonlines mengatakan…
@anonim
ngeri juga ya kalo gitu,,
tp walaupun banyak oknum yg berusaha menyingkirkan para penegak hukum yang jujur, sekarang mulai terlihat semakin banyak regenerasi yang meneruskan perjuangan melawan KKN,,
dan kita harus mw jadi salah satu dari penerus tersebut kalau kita juga menginginkan indonesia bebas KKN,, ^,^